Wednesday, August 19, 2020

Inilah Fungsi ECU (Electronic Control Unit) & Prinsip Kerjanya

TipsSolusi.com - Fungsi ECU (Electronic Control Unit) & Prinsip Kerjanya - Electronic Control Unit (ECU) adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur operasi dari internal combustion engine (mesin pembakaran dalam). Kelebihan menggunakan ECU ini adalah agar waktu pengapian dan penyemprotan bahan bakar lebih presisi.


Ada beberapa cara untuk memperoleh pembakaran yang sempurna diantaranya adalah mengontrol jumlah bahan bakar ke dalam mesin dan waktu penginjeksian. Sehingga jumlah bahan bakar dapat diatur sesuai dengan kebutuhan mesin serta mongontrol proses pembakaran dengan timing advance pengapian yang tepat sehingga seluruh campuran bahan bakar dengan udara terbakar sempurna.
ECU (Electronic Control Unit)

Beberapa ECU yang biasa digunakan diantaranya adalah ECM (Engine Control Module), PCM (Powertrain Control Module), BCM (Brake Control Module), & GEM (General Electric Module) dll.

Fungsi ECU (Engine Control Unit) / ECM (Engine Control Module) Pada Mesin


ECU pada mesin atau disebut juga dengan nama ECM (Engine Control Module) memiliki fugsi, sebagai berikut :
  • 1. Menentukan waktu penyemprotkan (penginjeksian) bahan bakar, dengan durasi waktu yang cepat atau lama.
  • 2. Mengontrol waktu pengapian agar waktu pengapian dapat terjadi tepat waktu.
  • 3. Menjaga mesin agar tidak terjadi detonasi dengan cara memajukan / memundurkan saat pengapian jika sensor knocking mendeteksi adanya gejala detonasi.
  • 4. Mengontrol cold start injector untuk beroperasi pada beberapa tipe kendaraan ketika kondisi mesin dingin, sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi gemuk dan mesin akan lebih mudah untuk menyala pada kondisi dingin.
  • 5. Mengontrol aliran udara selama mesin pada putaran idle (stasioner), yaitu melewati katup ISC (Idle Speed Control).
  • 6. Mengatur kerja kipas pendinginan. Pada saat mesin sudah mencapai temperatur sekitar 80o C, kipas pendingin akan bekerja sehingga tidak akan terjadi overheating.

Komputer Pengontrolan ECU Dibagi Menjadi 2 Jenis

1. Jenis rangkaian analog (analog circuit type)
Pengontrolan waktu injeksi berdasarkan waktu yang diperlukan kapasitor untuk pengisian (charge) dan pengeluaran (discharge).

2. Jenis pengontrolan microcomputer (microcomputer controlled type)
Komputer ini digunakan untuk menyimpan data base mapping dalam memori untuk menentukan waktu penginjeksian (injection timing) dan durasi bahan bakar yang diinjeksikan serta mongontrol proses pembakaran dengan timing advance.

ECU bekerja secara digital logic dengan sebuah mikrokontroller yang berfungsi mengolah data dengan proses membandingkan dan mengkalkulasi data untuk disesuaikan oleh kebutuhan mesin. Pengolahan data dari bebagai sensor -sensor diantaranya :
  • Throttle Position Sensor (TPS)
  • Intake Air Temperature sensor (IATS)
  • Manifold Air Pressure (MAP)
  • Crank Position Sensor
  • Oxygen Sensor 
  • KnockSensor
  • Coolant Temperatur Sensor.

Informasi dari sensor-sensor tersebut akan diproses oleh mikrokontroller untuk memerintah actuator yaitu injector, coil, fuel pump, dan fan. Akan tetapi muncul masalah baru, dimana ECU asli kendaraan pada umumnya tidak dapat dirubah base mapping yang tersimpan pada memori ECU tersebut atau biasa disebut Fix Mapping.

Prinsip Kerja ECU (Electronic Control Unit)

Skema Prinsip Kerja ECU

1. Sensor
Sensor merupakan input atau masukan untuk ECU (Electronic Control Unit) pada sistem EFI, sensor berfungsi sebagai pemberi sinyal. Sinyal sensor terdapat dua jenis, yaitu : sinyal discrete dan  sinyal analog. Discrete signal berupa skala biner dimana hanya ada ON atau OFF (1 atau 0, benar atau salah), contoh nya pada push button. Sedangkan sinyal analog menggunakan prinsip rentang suatu nilai antara nol hingga skala penuh.

Misalnya pada sensor MAP (Manifold Air Pressure) dan TPS (Throttle Position sensor).  Signal analog bisa berupa tegangan atau arus listrik yang akan diproporsionalkan oleh nilai integer  mikrokontroler  ECU, contohnya : pembacaan pada Throttle 0 % - 100 % akan dikeluarkan sensor TPS dengan nilai tegangan 0 V � 5 V dimana nilai ini akan dikonversikan menjadi nilai integer 0 � 32767.

2. ECU (Engine Control Unit)
ECU memiliki tiga bagian utama, yaitu: mikrokontroler, sistem memori dan sistem power supply. Semua aktivitas memproses data yang diambil dari sensor akan terjadi pada mikrokontroler ECU secara aritmatik dan logic, yaitu: operasi logika, sequential, timer, counter dan ADC serta mengendalikan kerja sistem secara keseluruhan.

Mikrokontroler ECU akan menghitung sinyal yang masuk dari pulser atau CKP (Crankshaft Position Sensor) secara  timer dan counter  sehingga dapat menentukan kapan waktu pengapian yang tepat dan jumlah bahan bakar yang  harus diinjeksi kan ke dalam mesin sesuai dengan RPM mesin.

4. Aktuator
Hasil data yang diproses oleh ECU akan dikeluarkan berupa sinyal digital untuk menjalankan aktuator. Lamanya waktu Injektor untuk menginjeksikan bahan bakar akan sesuai dengan perhitungan di dalam mikrokontroler ECU. Begitu juga dengan waktu pengapian.

5. COM
COM berfungsi sebagai media  komunikasi ECU dengan alat interface lain, misalnya : laptop, komputer atau handphone. Dari media COM inilah kita bisa melakukan perubahan nilai dari parameter-parameter waktu pengapian dan injeksi.

Tips Cara Pemeriksaan Komponen Motor Starter

TipsSolusi.com - Pemeriksaan Komponen Motor Starter - Untuk menghidupkan mesin pada kendaraan dibutuhkan komponen sebagai penggerak awal yang berfungsi untuk memutar poros engkol. Komponen tersebut terdapat pada sistem starter.


Pada umumnya sistem starter berdasarkan cara pengoprasiannya dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu :
  • Kick starter
  • Electric starter.

Akan tetapi padak mobil hanya menggunakan 1 sistem starter yaitu starter tipe elektrik. 

Pada motor starter elektrik terdapat beberapa komponen yang terdiri dari :
  • Yoke & pole
  • Kumparan medan (field coil)
  • Armature
  • Pinion gear
  • Magnetic switch
  • Brush
  • Tuas pendorong
  • Armature brake
  • Kopling geser

Agar motor starter dapat bekerja dengan baik maka pemeriksaan kondisi motor starter perlu untuk dilakukan.

Pemeriksaan Komponen - Komponen Motor Starter


1. Pemeriksaan gulungan anker dengan Avometer / Multitester

  • Periksa gulungan anker terhadap hubungan singkat dengan massa. Jika ada hubungan singkat dengan massa anker diganti / diperbaiki.
Periksa gulungan anker

  • Periksa hubungan segmen - segmen komutator terhadap kemungkinan putus pada gulungan
Periksa hubungan segmen - segmen komutator

2. Pemeriksaan gulungan anker Dengan Growler :

  • Periksa gulungan anker terhadap hubungan singkat dengan massa menggunakan growler. 
  • Letakkan anker pada tester dan tempelkan sebilah plat atau daun gergaji di atas anker bila plat bergetar keras, ada hubungan singkat
Periksa gulungan anker dengan glower

3. Pemeriksaan komutator, sikat, pemegang sikat & kopling jalan bebas :

  • Periksa komutator terhadap kotor dan terbakar bila kotor bersihkan dengan kertas gosok no. 400.
  • Periksa kelonjongan komutator menggunakan dial indikator.
Periksa kelonjongan komutator

  • Periksa diameter komutator dengan mikrometer / jangka sorong. Lalu bandingkan hasil pengukuran kelonjongan dan diameter dengan ketentuan pada buku petunjuk.
Periksa diameter komutator

  • Periksa segmen - segmen komutator terhadap kebersihan alur - alur segmen. Jika alur - alur segmen kedalamannya kurang dari minimum perbaiki dengan gergaji atau frais komutator
 Periksa kedalaman alur-alur segmen komutator

  • Periksa permukaan bidang kontak sikat - sikat & bersihkan. Ukur panjang sikat - sikat, bandingkan dengan ukuran minimal pada buku petunjuk, kalau terlalu pendek ganti dengan yang baru
Ukur panjang sikat - sikat

  • Periksa tekanan pegas sikat dengan timbangan tarik bandingkan dengan ketentuan pada buku petunjuk hasil pengukuran dibaca saat pegas sikat lepas dari sikat
Periksa tekanan pegas sikat

  • Periksa pemegang sikat positif terhadap hubungan singkat dengan sikat negatif
Periksa hubungan pemegang sikat

  • Periksa roda gigi pinion dan poros ulir memanjang terhadap aus dan cacat.
  • Periksa kopling jalan bebas diputar searah jarum jam pinion berputar bebas : diputar berlawanan arah jarum jam pinion terkunci
Perikas Kopling Starter

4. Mengetes kumparan medan dengan alat tes 110 volt AC - Ohmmeter - Pipser

  • Periksa kumparan medan terhadap kemungkinan putus gulungan
Periksa kumparan medan dari kemungkinan putus

  • Periksa kumparan medan terhadap hubungan singkat dengan massa
Periksa kumparan medan dari kemungkinan terjadi hubungan singkat

Bagaiamana Cara Melihat Arti Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki

TipsSolusi.com - Arti Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki - Warna kabel pada setiap merek motor memiliki arti berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif (+) dan muatan negatif (-).


Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda, Yamaha, Kawasaki & Suzuki Beserta Fungsinya


1. Warna Kabel Motor HONDA

  • Hijau : Massa (-)
  • Merah : Batteray / Accu (+)
  • Hitam : Kunci kontak untuk pengapian DC
  • Hitam Garis Putih  : Kunci kontak untuk pengapian AC
  • Putih Di spul : Pengisian
  • Putih Di Kepala : Lampu depan dekat
  • Biru : Lampu depan jauh
  • Kuning : Arus listrik ke saklar lampu
  • Abu - Abu : Flasher
  • Biru Laut : Sein kanan
  • Orange : Sein kiri
  • Coklat : Lampu seri
  • Hitam Garis Merah : Spull ke CDI (arus AC)
  • Hitam Garis Putih : Kunci kontak
  • Biru Garis Kuning : Pulser CDI
  • Hijau Garis Kuning : Lampu Rem

2. Warna Kabel Motor YAMAHA

  • Hitam : (massa)
  • Merah : (batteray +)
  • Kuning : Lampu depan jauh
  • Hijau : Lampu depan dekat
  • Coklat : Arus (+) ke kunci kontak
  • Coklat tua : Sein kiri
  • Hijau tua : Sein kanan
  • Putih Garis Merah  : Pulser
  • Hijau Garis Hitam : Rem
  • Pink : Klakson
  • Biru : Lampu seri
  • Hijau Garis Kuning : Swit rem depan
  • Biru Garis Putih : Electric stater
  • Coklat dan hijau : Spul CDI
  • Orange : Koil
  • Hitam Garis Putih : Kunci kontak
  • Coklat Garis Putih : Flasher sein

3. Warna Kabel Motor KAWASAKI

  • Hitam Garis Kuning : Massa (-)
  • Putih Merah : Batteray / Accu (+)
  • Merah Garis hitam : Lampu depan jauh
  • Merah Garis Kuning : Lampu depan dekat
  • Abu Abu : Sein kanan
  • Hijau : Sein kiri
  • Biru : Lampu rem
  • Merah : Lampu seri belakang
  • Coklat : Klakson

4. Warna Kabel motor SUZUKI

  • Hitam Garis Putih : Massa (-)
  • Merah : Batteray / Accu (+)
  • Putih Garis Merah : Pengisian dari spul
  • Kuning Garis Putih : Penerangan ke saklar lampu
  • Orange : Kunci kontak
  • Abu Abu : Lampu Belakang
  • Putih Garis Hitam : Lampu rem
  • Hijau Muda : Sein kanan
  • Hitam : Sein kiri
  • Putih Garis Biru : CDI ke Koil
  • Biru Garis Kuning : Pulser ke CDI

Tips Cara Mengetahui Sambungan Kabel Kelistrikan Menggunakan Test Pen DC

TipsSolusi.com - Mengetahui Kabel Kelistrikan Menggunakan Test Pen DC - Saat dirumah ketika terdapat masalah pada kelistrikan rumah, maka diperlukan alat test pen listrik AC (Arus Searah) 220V untuk cek sumber tegangan pada kabel / stop kontak. 


Lain halnya ketika pada mobil & motor, Pada kendaraan kabel - kabel biasanya diikat menjadi satu & pasti mebuat sulit untuk menelusuri kabel / mengetahui kabel yang terhubung dengan kutub positif (+) atau kutub negatif (-).

Umumnya kendaraan menggunakan tegangan DC (Arus Bolak - Balik) 12V sehingga memerlukan test pen khusus yang sedikit berbeda dari test pen AC (Arus Searah). Test pen ini biasa disebut dengan Test pen DC.

Untuk mempermudah pekerjaan ketika cek kabel kelistrikan maka digunakanlah
test pen DC ini. Pada test pen DC terdapat lampu yang akan menyala jika salah satu ujung test pen terhubung dengan kutub (+) dan ujung lainnya terhubung dengan kutub (-).
Test Pen DC

Biasanya test pen jenis ini digunakan untuk kelistrikan 12volt, tetapi ada juga yang menjual testpen yang bisa digunakan untuk 6v-12v karena pada sistem kendaraan baru output dari ECU bisa jadi kurang dari 12volt. Tetapi prinsip untuk menggunakannya tetap sama.

Cara Mencari Kutub Positif (+) Atau Negatif (-) Kabel Kelistrikan :

1. Untuk mencari kutub positf (+)
  • Pasang / jepit salah satu ujung test pen DC ke body / baut yang terpasang pada body kendaraan atau pasang pada kutub negatif  (-)
  • Sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mencari Kutub Positif (+)

  • Jika test pen menyala, maka itu adalah kabel positif (+).

2. Untuk mencari kutub negatif (-) 
  • Pastikan dulu salah satu ujung test pen sudah terpasang pada kutub positif (+)
  • Sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mecari Kutub Negatif (-)

  • Jika test pen menyala, bisa dipastikan itu adalah kabel negatif (-).

Tips Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak dan Tidak Terbaca

 Siapa sih yang tidak mengenal kartu memori atau memory card? Entah itu 500 Mb, 1 Gb, 2, Gb, 8 Gb, bahkan 256 Gb.



Bahkan kebanyakan orang pasti pernah mengalami kartu memori yang rusak dan tidak terbaca bahkan suka mengeluh dan kesal kalau kartu memorinya rusak atau tidak terbaca oleh smartphone atau kartrider sekalipun. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan cara agar kartu memori atau memory card supaya terbaca kembali. 


Cara Memperbaiki Kartu Memori yang tidak Terbaca

Cara 1: Bersihkan Kartu Memori
  • Pertama, untuk mengatasi kartu memori yang tidak terbaca adalah dengan membersihkan kartu memori itu sendiri. Lepaskan kartu memori dari gadget. Dan pastikan untuk mematikan dahulu gadget-nya.
  • Bersihkan lempengan tembaga (yang berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (warna putih dan masih bersih). Gosok dengan perlahan.
  • Jika sudah dirasa bersih, masukkan kembali kartu memori kedalam slot kartu memori gadget sobat. Periksa, apakah masih terbaca atau belum.
Cara 2: Melakukan Format pada Smartphone
  • Masuk ke menu Pengaturan > Penyimpanan.
  • Lalu klik Format Kartu SD. Dengan cara ini dapat membuat kartu memori bersih dan seperti baru.

Cara 3: Cek melalui PC/Laptop
  • Hubungkan smartphone dengan PC melalui kabel USB.
  • Pastikan smartphone terhubung dalam mode Mass Storage mode (MSC), Bukan Media Transfer mode (MTP).
  • Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive memori sobat, pilih Properties > Tools > Error Checking (Centang semua pilihan) dan Start. Tunggu sampai selesai.
  • Eject kartu memorinya. Apakah masih terbaca atau belum.
Cara 4: Format melalui PC/Laptop
  • Gunakan cara 3 di atas. Copy semua file penting yang ada di kartu memori. Buatlah folder di mana saja didalam Harddrive PC sobat. Lalu pastekan.
  • Jika sudah yakin tersalin semua ke dalam PC sobat, maka hanya tinggal melakukan Format.
  • Dengan cara klik kanan pada Drive memori sobat lalu pilih Format.
  • Sekarang cek kembali kartu memori sobat. Apakah masih terbaca atau belum.
  • Jika sudah terbaca, tinggal kembalikan file penting yang telah di copy ke PC tadi ke dalam kartu memori.
Jika masih gagal. Coba sobat ulangi cara-cara diatas tadi. Dan selamat mencoba!

Demikian artikel saya kali ini. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. 
Terimakasih

Solusi Mengatasi HP Advan S3E Lupa Pola

 Pada postingan kali ini, Blog Komputer akan sedikit memberikan tips Cara Mengatasi Advan S3E Lupa Pola.



Menurut pengalaman penulis sendiri, cara untuk mengatasi Advan Vandroid S3E ini harus di Flashing ulang. Cari kesana-kesini untuk masuk Recovery Mode tidak ditemukan. Alhasil harus di Flashing ulang.

Nah, untuk mengetahui caranya, yuk lihat caranya di bawah sini.


Persiapan:


Cara:

1. Install USB Driver.

2. Ekstrak firmware yang telah di download tadi.

3. Buka tool Research Download (Klik run administrator untuk Windows 7).

4. Klik Icon Gear (Pojok kiri atas).

5. Cari dan pilih Firmware yang telah diiekstrak tadi (nama firmware C21_bla bla bla........pac).

6. Klik Tombol Play.

7. Matikan HP.

8. Sambungkan HP ke PC sambil menekan tombol volume atas (jangan pernah dilepas sampai proses selesai).

9. Tunggu sampai selesai.

10. Jika sudah, Reasearch Download akan ditandai dengan tulisan Passed berwana hijau.

11. Lepaskan tombol volume up dan cabut kabel USB yang tersambung.

12. Cabut baterai HP.

13. Pasangkan dan nyalakan kembali HP seperti biasa. (Booting awal memang agak lama, jadi sabar saja)

14. Selesai.

*Catatan: Ingat! Sebelum melakukan cara diatas, baterai HP harus berisikan minimal 50%.


Demikian postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semua yang mempunyai HP Advan Vandroid S3E.
Terimakasih.

Inilah Tips Cara Bermain Game COC di PC/Laptop

 Tips2Mantul.com - Hai sobat Ketemu lagi nih. Kali ini saya akan memberikan satu buah tips tentang Cara Bermain Game COC di PC/Laptop.



Siapa sih yang tidak kenal dengan game yang satu ini? Game ini sangat terkenal bagi para pengguna android dan tentunya para pecinta Game termasuk COC. Tetapi sebelum kita membahas lebih dalam lagi, sebaiknya sobat baca dulu Emulator Android Ringan untuk PC/Laptop. Karena tanpa Emulator, sobat tidak akan bisa bermain game COC ini di PC/Laptop sobat.

Nah, jika sobat sudah memilih atau sudah instal aplikasi emulatornya, kita lanjut membahas tips yang satu ini. 


1. Setelah sobat memilih, mendownload, ataupun sudah instalasi maka jalankan aplikasi tersebut. (Sebagai contoh, kita memakai Bluestack)

2. Klik aplikasi "App Sync" di emulator.

3. Masukkan akun Google yang sobat gunakan di Android. (Jika belum punya, daftar terlebih dahulu)

4. Oke, jika sudah, langsung saja cari game COC dengan cara klik "Search" di Emulatornya.

5. Jika sobat kesulitan, sobat bisa download game-nya DISINI.

6. Setelah ketemu, langsung download dan intsalasi.

7. Tinggal mainkan deh Game-nya. 

Awal-awalnya seperti biasa akan masuk ke tutorial dan bla..bla..bla... Ikutin saja sampai selesai. Setelah selesai, tinggal masukkan saja akun Google yang terkoneksi dengan Android. Dan akhirnya, sobat pun bisa bermain game COC sepuasnya deh. Eits, tapi jangan lupa loh, harus terkoneksi dengan internet. Atau pengen bermain game lain? Juga bisa kok. Caranya seperti diatas tadi.



Oke, sekian postingan dan tips dari saya. Semoga bermanfaat bagi semua.
Terimakasih.