Sunday, March 29, 2020

Cara TOP Kompresi Mesin Motor 4 Tak

Cara TOP Kompresi Mesin Motor 4 Tak - Posisi TOP ini hanya dapat ditemukan pada motor 4 tak, sedangkan pada mesin motor 2 tidak perlu mengatur TOP kompresi, misal ketika akan memasang cylinder head (kepala silinder) pada mesin motor 2 tak, silinder head tersebut dapat langsung dipasang tanpa harus setting sana sini.

Posisi TOP pada motor 4 tak adalah ketika posisi TMA (Titik Mati Atas), yaitu posisi piston / seher berada di bagian depan / atas. Serta posisi klep isap & klep buang dalam keadaan tertekan oleh templar roller, posisi noken as tidak menekan katup.

Akibat dari mesin motor tidak pada posisi TOP yaitu :
  • Mesin loyo atau tidak bertenaga hal tersebut disebabkan karena era perputaran gas masuk & gas buang yang tidak pas.
  • Hal lain yang dapat terjadi ketika mesin motor tidak dalam posisi TOP yaitu mesin tidak dapat dinyalakan.

Cara TOP Kompresi Motor 4 Tak Dengan Melihat Tanda "T" / Tanda Timing Pengapian

Siapkan alat yang digunakan untuk mencari posisi top yaitu obeng (-) dan kunci T (untuk ukuran kunci T nya berbeda - beda silahkan cari yang pas).
  • 1. Lepas mur lubang intip posisi top & tutup blok magnet yang berada di bagian atas & kiri mesin menggunakan obeng (-).
    Letak Mur Lubang Intip TOP & Baut Fly Wheel (Magnet Rotor)

    • 2. Putar fly wheel (magnet rotor) menggunakan kuci (T) setelah itu cari dan lihat goresan "T" melalui lubang pengintip.
      Putar Krug As & Posisi Tanda "T"

      • 3. Jika sudah ketemu maka mesin motor sudah dalam posisi TOP.
        Catatan : Cara tersebut umumnya digunakan ketika akan menyetel klep motor.

        Cara TOP Kompresi Motor 4 Tak Dengan Melihat Tanda "Garis" Timing Gear / Gir Rantai Keteng

        • 1. Lepas busi
        • 2. Buka tutup keteng yang terdapat di cylinder head (kepala silinder)
        • 3. Putar fly wheel (magnet rotor) menggunakan kunci T
        • 4. Masukan obeng (-) atau (+) ke lubang busi yang penting obengnya dapat masuk ke lubang busi.
        • 5. Dari lubang busi rasakan posisi piston sudah di TMA (Titik Mati Atas) atau belum.
        Masukan Obeng Melalui Lubang Busi

        • 6. Lihat tanda garis pada gear rantai keteng, ketika piston sudah dalam posisi TMA maka tanda garis di gear akan sejajar horisontal
          Tanda Strip Pada Gear Rantai Kamprat

          • 7. Jika tanda garis belum sejajar, putar magnet rotor 1x lagi. Atau jika belum dapat memposisikannya putar magnet sampai posisi TMA.
            Catatan : Cara kedua ini bayak di lakukan ketika ingin memasang kembali noken As, atau setelah turun mesin (overhoul).

            Cari TOP Kompresi Motor 4 Tak Saat Memasang Noken As (Camshaft)

            Jika asal langsung memasang noken as tidak memperhatikan posisi seher berada di bagian yang tepat, misalnya pada posisi piston di tengah & posisi noken as sedang menekan klep.

            Bisa saja motor tidak dapat dinyalakan atau mesin dapat menyala tetapi tenaganya loyo, atau malah klep bisa bertabrakan dengan piston yang mengakibatkan klep jadi bengkok.

            Intinya ketika akan memasang kembali noken as perlu mengatur posisi piston terlebih dahulu pada posisi TMA. Posisi noken as yang sudah dalam poisis TOP yaitu kedua nok (tonjolan) noken as menghadap ke bawah atau berhadapan dengan piston. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :
            Posisi Noken As

            Lebih mudahnya saat gear telah terpasang pada noken as umumnya terdapat tanda di gear pada silinder head. lalu tinggal paskan saja tandanya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

            Saturday, March 28, 2020

            Cara Menghidupkan Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin

            Cara Menghidupkan Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin - Ada opini bahwa saat motor injeksi kehabisan bensin maka dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal pada komponen sistem bahan bakar, terutama pada bagian injektornya.

            Jika pada motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional (menggunakan karburator), saat motor tersebut kehabisan bensin maka hal tersebut tidak mempengaruhi kerja karburator.

            Hal tersebut juga berlaku untuk motor yang sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi (mengunakan injektor) saat motor injeksi kehabisan bensin maka juga tidak mempengaruhi kerja injektor atau tidak dapat membuat komponen tersebut (injektor) cepat rusak.

            Perlu diketahui karena saat ini teknologi injeksi yang diaplikasikan pada motor semakin berkembang & canggih. Saat jumlah bahan bakar di tangki bahan bakar mulai menipis, maka tekanan pada fuel pump (pompa bahan bakar) akan diturukan secara otomatis, yang menyebabkan laju motor tersedat - sedat (berebet) sebagai peringatan bagi pengendara motor.
            Motor Injeksi Kehabisan Bensin

            Jika hal seperti yang telah disebutkan diatas diteruskan (bensin sampai habis), sistem langsung mematikan pasokan bahan bakar ke fuel pump. Dan fuel pump akan menutup atau off secara otomatis. Artinya, sudah ada sistem untuk mengunci dalam kondisi bensin telah habis.

            Jika motor injeksi terlalu sering kehabisan bensin. Komponen yang akan berkurang umur pemakaiannya (lemah) bukan pada injektornya tetapi pada komponen fuel pumpnya.

            Maka lebih baik ketika strip indikator bensin telah mendekti E segera isi tangki bahan bakar. Tetapi saat motor injeksi terlanjur sudah kehabisan bensin, maka cara untuk mengatasinya simak penjelasan berikut.

            Cara Menghidupkan Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin


            1. Isi tangki motor dengan bensin, setelah bensin diisi jangan langsung stater motor. Cukup putar kunci kotak dari posisi OFF ke ON terlebih dahulu dan tunggu hingga suara fuel pump mati.

            2. Setelah itu putar kunci kontak OFF - ON (�) sebanyak 5x. Langkah memutar kunci kontak berulang kali ini guna memberikan kesempatan fuel pump untuk memompa bahan bakar, dan untuk menghilangkan angin yang ada pada selang injektor.
            Banyak pemilik motor injeksi langsung menyalakan motornya tanpa memahami langkah ini. Yang membuat mesin hidupnya lebih lama, sehingga banyak yang beranggapan motor susah dihidupkan.

            3. Kemudian baru kunci kontak di hidupkan lagi (ON) maka akan terdengar suara berdenging yang menandakan fuel pump (pompa bahan bakar) mulai bekerja.

            4. Terakhir starter untuk menyalakan mesin motor.

            Warna Kabel Spul Honda Grand / Supra Series Beserta Fungsinya

            Warna Kabel Spul Honda Grand / Supra Series Beserta Fungsinya - Pada setiap spul (stator coil) sepeda motor tentu tidak terlepas dari kabel yang berfungsi untuk menyalurkan arus atau penghubung arus dari komponen satu ke lainnya, serta kabel tersebut mempunyai warna yang berbeda antara satu dengan lainnya.

            Spul pada motor honda grand mempunyai persamaan warna kabel dengan spul motor honda lain, diantaranya yaitu :
            • Astrea 800
            • Astrea Star
            • Astrea Prima
            • Honda win
            • Supra
            • Astrea Legenda
            • Supra X
            • Supra Fit
            • Fit X/S

            Kabel spul motor honda grand terdapat 4 kabel dengan warna berbeda, setiap kabel mempunyai fungsi yang berbeda-beda pula. Akan tetapi kabel tersebut saling ketergantungan antara kabel satu dengan kabel lainnya. Maksudnya ketika satu kabel tidak berfungsi kemungkinan dapat mempengaruhi fungsi kerja komponen lain, hal tersebut tentu akan menyebabkan komponen lain tidak dapat berfungsi dengan normal.

            Warna Kabel Spul Motor Honda Grand Supra Serie Beserta Fungsinya


            Warna Kabel Spul

            1. Warna Kabel Hitam - Garis Merah
            Warna kabel hitam garis merah dari spul digunakan sebagai kabel arus awal pada sistem pengapian. Kabel spul ini berfungsi sebagai spul pengapian atau sumber pengapian yang dikeluarkan oleh busi, jika spul ini lemah atau rusak maka sepeda motor tidak akan mengeluarkan api dari busi.

            Untuk motor jenis ini tahanan spul pengapian berkisar 500 - 600 ohm, jika nilai tahanan lebih dari nilai tersebut maka dipastikan adanya kerusakan pada lilitan spul tersebut.


            2. Warna Kabel Kuning 
            Warna kabel kuning pada spul motor difungsikan sebagai arus awal dari lampu penerangan motor yang melewati kiprok terlebih dahulu untuk merubah arus AC dari spul menjadi arus DC ke lampu utama.

            3. Warna Kabel Putih 
            Warna kabel putih dari spul motor berfungsi sebagai spul pengisian untuk sistem pengisian (cas) Accu, agar tegangan Accu tetap stabil ketika dipakai untuk sistem beban.

            Warna kabel putih ini akan masuk terlebih dahulu ke kiprok (regulator) kemudian akan dibatasi tegangannya menjadi 14,50 Volt sebelum masuk ke Accu.

            4. Warna Kabel Biru - Garis Kuning 
            Warna kabel biru garis dari spul berfungsi sebagai pulse, yang menormalkan ataupun menstabilkan sistem pengapian pada sepeda motor.

            Untuk cara pemeriksaan setiap kabel spul tersebut dengan cara menempelkan ujung kabel tersebut ke massa (-) atau ke body motor, jika percikan api keluar maka kabel tersebut masih normal akan tetapi jika di kabel tidak mengeluarkan percikan api spulnya rusak.

            Sementara untuk pemeriksaan pada pulser tidak dapat dilakukan dengan cara manual, cara pemeriksaan pulser memerlukan alat bantu yaitu AVOmeter atau multitester.

            9 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Di HP Xiaomi Sebelum Ke Service Center

            9 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Di HP Xiaomi Sebelum Ke Service Center

            Pernah gak kamu mengalami masalah hp xiaomi tidak ada layanan jaringan ? Setelah di cek, bukannya sim 1 tidak tersedia tapi malah kartu sim terbaca. Kan aneh ..

            Masalah kartu sim terdeteksi tapi tidak ada jaringan di hp android tentu akan mengakibatkan kamu tidak bisa melakukan panggilan telepon, chat via whatsapp ataupun akses internet.

            Hal ini dikarenakan jaringan atau sinyal hp xiaomi

            Friday, March 27, 2020

            Cara Mengakses Desktop Linux Anda Dari Windows

            Cara Mengakses Desktop Linux Anda Dari Windows

            Menyiapkan server Linux? Mungkin Anda telah mengonfigurasinya sebagai solusi penyimpanan jaringan. Atau mungkin Anda memiliki PC kerja Linux, pusat media, atau PC sekunder sederhana di ruangan lain.



            Apa pun masalahnya, pada titik tertentu Anda harus mengakses perangkat Linux dari jarak jauh dari PC Windows atau laptop. Jadi, apa solusinya?



            Pengguna Windows memiliki beberapa alat yang

            2 Cara Menonaktifkan Pembaruan Chrome Otomatis di Windows

            2 Cara Menonaktifkan Pembaruan Chrome Otomatis di Windows

            Pembaruan Google Chrome sangat tidak mengganggu. Namun, jika Anda memutuskan untuk tidak menjalankannya secara otomatis, tidak ada pengaturan di browser untuk mematikannya. Bagi orang-orang yang lebih suka tingkat kontrol yang lebih rinci atas pembaruan mereka, itu adalah masalah.



            Untungnya, pengguna Windows dapat menonaktifkan pembaruan otomatis hanya dalam beberapa langkah mudah. Baca terus

            7 Pembaca PDF dan Ebook Terbaik Untuk Windows

            7 Pembaca PDF dan Ebook Terbaik Untuk Windows

            Selama beberapa tahun terakhir, ebooks telah berubah dari ide novel menjadi alternatif yang dianut luas untuk literatur cetak. Perangkat seperti Nook dan Kindle telah menjadi hal yang biasa tetapi itu bukan satu-satunya pilihan jika Anda ingin melihat apa yang ditawarkan ebooks. Saat ini, ada beberapa pembaca ebook yang layak untuk Windows.



            Jika Anda ingin belajar lebih banyak, teruslah