|
Letak ISC (Idle Speed Control) Pada Toyota Rush |
Jika Pada Mobil Sistem Bahan Bakar Konvensional Terdapat 2 Sekrup Penyetel Karburator, yaitu :
1. Sekrup Idle Speed Air Screw (ISAS)Sekrup ini berfungsi untuk mengatur sudut pembukaan katup gas, saat katup gas tidak mendapatkan tekanan
2. Sekrup Idle Mixture Air Screw (IMAS)Sekrup ini berfungsi untuk mengatur udara yang melewati saluran idle pada karburator.
Maka pada sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection), kedua sekrup penyetel yang diatur secara manual tersebut digantikan dengan komponen ISC (Idle Speed Control). Dengan menggunakan ISC maka tidak perlu lagi mengatur putaran idle pada mesin EFI.
Fungsi Idle Speed Control (ISC)
1. Menaikan putaran mesin ketika mesin dingin atau saat mesin pertama kali dinyalakan pagi hari. Saat pagi hari mesin dalam keadaan dingin, idle speed control (ISC) akan menaikan RPM mesin menjadi 2000, setelah itu katup ISC akan membuka lebih besar sesuai perintah yang diberikan oleh ECU.
2. Mengatur jumlah udara yang masuk ke intake manifold saat pedal gas tidak diinjak (throttle valve tertutup).
3. Menyesuaikan putaran langsam (idle) mesin pada segala kondisi secara otomatis.
4. Menaikan putaran mesin saat beban elektrikal bertambah, contohnya saat nyala lampu besar atau pemanas kaca belakang.
5. Idle up mesin, idle up difungsikan untuk menjaga agar putaran mesin tetap stabil, walaupun saat AC mobil mulai dinyalakan. Jika idle up tidak bekerja, mesin akan bergetar karena beban mesin bertambah untuk memutar kompressor AC.
Kerja ISC Dipengaruhi Beberapa Komponen Lain, Apa Saja?
1. Sensor MAF (Mass Air Flow)MAF mengirimkan data masa / volume udara berdasarkan aliran.
2. Sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)Berfungsi untuk mengukur RPM mesin sebagai feedback atas kinerja ISC system.
3. Sensor TPS (Throttle Postion Sensor) Mengetahui posisi katup gas untuk menentukan sudut pembukaan katup.
4. Sensor Barometric PressureMengetahui tekanan udara pada suhu dan ketinggian mobil berada.
5. Sensor ECT (Engine Coolant Temperature)Berfungsi untuk memonitor suhu air pendingin mesin untuk mengetahui suhu mesin.
Baca Juga : Jenis - Jenis ISC (Idle Speed Control)
6. Sensor AC Refrigerant PressureBerfungsi untuk mengukur tekanan freon AC agar mesin dapa hidup walau dibebani kompresor AC ketika AC dinyalakan.
7. Electronic Control Unit (ECU)Berfungsi sebagai kontroller yang akan melakukan perhitungan dari berbagai data sensor.
8. ISC ValveBerfungsi sebagai aktuator yang akan menutup dan membuka saluran idle berdasarkan perhitungan dari ECU.